-->

Tips Aman Menggunakan Wifi Publik

Kalian pasti tidak asing lagi mendengar kata atau istilah hacker, yup hacker adalah seseorang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, atau menerobos masuk kedalam sebuah komputer atau jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau termotivasi oleh tantangan.

hmm, cukup menyeramkan ya apalagi jika kita sendiri yang terkena hacking oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, apalagi jika kita menggunakan Wi-Fi publik yang tidak terjamin keamanan nya, informasi dan data berharga kita dapat dicuri dan hilang begitu saja


Berselancar menggunakan Wi-Fi publik seperti Wi-Fi cafe, Wi-Fi toko, atau Wi-Fi publik lainnya sangat perlu untuk memperhatikan keamanan jaringan Wi-Fi tersebut, karena Wi-Fi publik merupakan sasaran yang sangat mudah diakses oleh para hacker

Berikut adalah Tips Aman Menggunakan Wifi Publik

1.Gunakan https://



Sebelum kalian memasuki suatu website lihatlah terlebih dahulu kode https:// pada awal alamat situs pada kolom pencarian. Maksud dari kode ini adalah koneksi antara browser dan server jaringan terenkripsi, Jadi data apa pun yang di submit pada situs akan tetap aman dari kebocoran. Banyak browser juga menampilkan simbol gembok pada awal situs yang terenkripsi.


2.Gunakan Virtual Private Network (VPN)


Virtual Private Network atau VPN adalah sebuah sistem yang akan mengenkripsi lalu-lintas datamu dan bertindak sebagai terowongan yang terlindungi antara client (browser) dan server. Semua data yang melewati terowongan tidak akan terlihat oleh hacker dan mereka tidak bisa akses informasi dan aktivitas daringmu.


3.Pastikan Jaringan Wi-Fi terverifikasi



Ingat bahwa hacker sangat cerdas, jadi kamu juga harus mampu satu langkah di depannya. Baca dengan cermat nama jaringan Wi-Fi dan tanyakan pada pegawai setempat apakah jaringan itu benar.

Hacker sering membuat jaringan palsu, jadi verifikasi nama jaringan untuk mencegah kamu jadi korban. Lebih baik matikan pilihan file sharing pada laptop. Fitur ini sangat mudah dimatikan dalam sistem control panel.


4.Gunakan Antivirus



yang terakhir yaitu selalu gunakan antivirus pada laptop kalian, karena sebuah peringatan akan muncul jika diketahui ada virus yang masuk kedalam gadget atau jika ada aktivitas mencurigakan, serangan nakal, atau malware yang masuk ke sistem dari jaringan Wi-Fi publik


Itulah 4 Tips Aman Menggunakan Wi-Fi Publik yang perlu diperhatikan, Lebih baik mengantisipasi terlebih dahulu agar kita selalu aman dalam mengakses internet dan terhindar dari pencurian data yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Note: Only a member of this blog may post a comment.