-->

Perbedaan VGA, GPU, dan Graphic Card


Kalian pasti tidak asing lagi ketika mendengar kata VGA, terutama bagi kalian yang setiap waktu tidak lepas dengan komputer, lalu apasih yang dimaksud dengan VGA itu? 
yuupp, VGA merupakan salah satu dari pengelola grafis pada perangkat elektronik, VGA biasanya digunakan pada proyektor ataupun monitor,


Tapi pengelola grafis bukan hanya VGA loh, ada pengelola grafis lainnya seperti GPU atau Graphics Processing Unit dan  Graphics Card atau Kartu Grafis, Kemudian apa bedanya VGA, GPU, dan Graphics Card? padahal mereka kan sama-sama pengelola grafis, 
Nahh, pada artikel kali ini kita akan membahas perbedaan VGA, GPU, dan Graphics Card

Berikut adalah Perbedaan VGA, GPU dan Graphic Card

1.VGA


VGA (Video Graphics Array) adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, seperti DVI, HDMI, dan Display port (ya, namanya memang display port), VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer (beberapa ada yang masih menggunakan konektor VGA). Tampilan windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis. Video Graphics Array (VGA) di Indonesia mengacu pada keseluruhan dari kartu grafis pada masa itu sampai sekarang, karena standar VGA lah yang terdapat pada kartu grafis jaman dahulu. Hal ini sama dengan penyebutan pasta gigi dengan merk "odol" .

VGA merupakan standar lama input untuk display yang terdapat pada kartu khusus pengolah gambar, maupun input monitor.

2.GPU



GPU (Graphics Processing Unit) adalah chip atau microprocessor yang mengatur proses pengolahan gambar dan grafis komputer, yang terdapat pada kartu grafis. GPU juga terkadang digunakan digunakan sebagai penyebutan untuk seluruh rangkaian lengkat kartu grafis, namun konsep ini sebenarnya salah. Konsep GPU hampir sama seperti CPU atau processor, namun perbedaannya ada pada jumlah core (inti), jenis memori, dan tentu saja fungsinya untuk memproses tekstur ataupun rendering proses grafis.

GPU (Graphics Processing Unit) adalah microprocessor atau chip yang menangani pengolahan grafis komputer.

3.Graphics Card


Graphics Card atau kartu grafis merujuk pada keseluruhan rangkaian PCB yang terdiri dari microchip GPU, Graphics memory (sekarang menggunakan VRAM) kapasitor, dan lain-lain. Kartu grafis sendiri ada yang menggunakan pin power, ada yang tidak. Kartu grafis yang biasanya tidak menggunakan pin power, biasanya untuk low-end series dan low profiles, contoh : GT series (gt210,gt730). Port untuk bus (interaksi dengan CPU) sendiri untuk saat ini menggunakan standar PCI-Express, yang mana banyak terdapat di mainstream motherboard dengan 16x pin dan 1x pin.
Graphics Card atau Kartu Grafis adalah seluruh rangkaian lengkap yang terdiri dari GPU, VRAM, Kapasitor, dan komponen lain yang disusun diatas PCB khusus, yang berguna untuk menerjemahkan keluaran (output) komputer ke monitor.

Note: Only a member of this blog may post a comment.