-->

Pengertian VPN Beserta Fungsi, Protocol ,Kelebihan Dan Kekurangannya


VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network, yaitu sebuah koneksi private melalui jaringan publik (dalam hal ini internet). Disini ada dua kata yang harus diperhatikan yaitu :
  • Virtual Network yang berarti jaringan yang terjadi hanya bersifat virtual. Tidak ada koneksi jaringan secara riil antara 2 titik yang akan berhubungan.
  • Private Network, jaringan yang terbentuk bersifat private dimana tidak semua orang bisa mengaksesnya. Data yang dikirimkan terenkripsi sehingga tetap rahasia meskipun melalui jaringan publik.
Dengan VPN ini kita seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel (terowongan). Tunneling adalah suatu cara membuat jalur privat dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga.

VPN biasanya menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yaitu :
  • PPTP (Point to Point Tunneling Protocol)
  • L2TP
  • IPSec (Internet Protocol Security)
Fungsi VPN
Teknologi VPN memiliki tiga fungsi utama untuk penggunanya,
  • Confidentiality (Kerahasiaan) 
Teknologi VPN memiliki sistem kerja mengenkripsi semua data yang lewat melaluinya. Dengan adanya teknologi enkripsi ini, maka kerahasiaan Anda menjadi lebih terjaga. Biarpun ada pihak yang dapat menyadap data Anda yang lalu-lalang, namun belum tentu mereka bisa membacanya dengan mudah karena memang sudah diacak. Dengan menerapkan sistem enkripsi ini, tidak ada satupun orang yang dapat mengakses dan membaca isi jaringan data Anda dengan mudah.
  • Data Integrity (Keutuhan Data)
Ketika melewati jaringan Internet, data Anda sebenarnya sudah berjalan sangat jauh melintasi berbagai negara. Di tengah perjalanannya, apapun bisa terjadi terhadap isinya. Baik itu hilang, rusak, bahkan dimanipulasi isinya oleh orang-orang iseng. VPN memiliki teknologi yang dapat menjaga keutuhan data yang Anda kirim agar sampai ke tujuannya tanpa cacat, hilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh orang lain.
  • Origin Authentication (Autentikasi Sumber)
Teknologi VPN memiliki kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya. VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi source datanya. Kemudian alamat source data ini akan disetujui jika proses autentikasinya berhasil. Dengan demikian, VPN menjamin semua data yang dikirim dan diterima oleh Anda berasal dari sumber yang semestinya. Tidak ada data yang dipalsukan atau dikirimkan oleh pihak-pihak lain.

Kelebihan menggunakan VPN
Beberapa keuntungan dengan menggunakan VPN  diantaranya adalah :

1.Remote Access
Dengan VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor dari mana saja selama terhubung ke internet.

2.Keamanan
Dengan koneksi VPN kita dapat berselancar dengan aman ketika menggunakan internet publik seperti hotspot atau internet cafe.

3.Menghemat biaya setup jaringan
VPN dapat digunakan sebagai teknologi alternatif  untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif kecil, karena transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan public yang sudah ada.   

Kekurangan menggunakan VPN
Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan, beberapa kekurangan dari VPN diantaranya adalah :

1.Koneksi internet (jaringan publik) yang tidak bisa kita prediksi
Hal ini dapat kita maklumi karena pada dasarnya kita hanya "nebeng" koneksi pada jaringan pihak lain sehingga otomatis kita tidak mempunyai kontrol terhadap jaringan tersebut. 

2.Perhatian lebih terhadap keamanan
Lagi-lagi karena faktor penggunaan jaringan  publik, maka kita perlu memberikan perhatian yang lebih untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyadapan, hacking dan tindakan cybercrime pada jaringan VPN.


Konsep VPN



1.VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung  antar PC, Server VPN ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router.



2.Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client  mengontak Server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi username dan password dan apabila berhasil  maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi/ tunnel akan terbentuk.

3.Untuk selanjutnya komputer client bisa digunakan untuk mengakses berbagai resource (komputer atau LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya melakukan transfer data, ngeprint dokument, browsing dengan gateway yang diberikan dari VPN Server, melakukan remote desktop dan lain sebagainya.

Note: Only a member of this blog may post a comment.