-->

Penyebab Laptop Lemot Dan Cara Mengatasinya




Hallo sobat, terima kasih telah mengunjungi blog sederhana ini :). Pada kesempatan kali ini saya selaku admin akan membagikan sebuah artikel yang mungkin dapat berguna bagi kalian yang mengalami masalah terutama pada laptop yang sering lag atau lemot,


Baca Juga : Perbedaan VGA, GPU, dan Graphics Card

Laptop yang sering lag atau lemot pasti sangat mengganggu kan?, contohnya ketika sedang mengetik di Microsoft Word tiba-tiba blank, atau mungkin pada saat Booting, laptop memakan waktu yang lama?


Jika itu terjadi tentu akan membuat kita menjadi kesal, kemudian apa saja sih yang menyebabkan laptop menjadi lemot?


Berikut adalah beberapa penyebab laptop menjadi lemot :


1.Harddisk yang penuh

banyaknya data yang disimpan di dalam laptop akan menimbulkan laptop menjadi lemot, apalagi jika banyak data yang tersimpan di Local Disk (C:).


2.Banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan

Banyak aplikasi yang dijalankan pada laptop tentu akan mempengaruhi kinerja laptop, terutama aplikasi yang memakan banyak memory maka akan menyebabkan laptop menjadi lemot.


3.Usia Harddisk yang sudah lama

Umur suatu harddisk akan sangat mempengaruhi kinerja laptop, semakin lama usia harddisk maka performanya akan semakin berkurang.


4.Ukuran memory kecil (RAM)

Besar atau kecil ukuran ram pada laptop akan mempengaruhi kecepatannya.


5.Terlalu banyak menginstall Aplikasi

Banyaknya aplikasi yang diinstall juga berpengaruh dengan kinerja laptop, apalagi jika  banyak menginstall aplikasi di Local Disk (C:).


6.Antivirus yang terlalu aktif / Terlalu banyak antivirus

Antivirus memang penting untuk menjaga keamanan laptop, tetapi jangan gunakan antivirus lebih dari satu karena antivirus merupakan program yang berjalan di background.


Beberapa cara mengatasi laptop lemot


1.Tambah kapasitas memory (RAM)

Menambah kapasitas memory akan meningkatkan performa laptop, tetapi jangan asal menambah memory (RAM), perhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3,DDR3L,atau DDR4) dan perhatikan juga kapasitas RAM yang dapat ditambahkan pada laptop kalian.


2.Uninstall aplikasi yang tidak digunakan

Jika kalian memiliki banyak aplikasi pada laptop, mulailah untuk mengurangi aplikasi tersebut, terutama aplikasi yang tidak digunakan.


3.Ganti Harddisk yang lama dengan SSD

Harddisk SSD memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada harddisk HDD.


4.Bersihkan Local Disk (C:)

Local Disk (C:) merupakan partisi pada harddisk yang digunakan untuk menyimpan file system laptop, bersihkan Local Disk (C:) dengan cara memindahkan file yang tersimpan pada Download,Document, dan Pictures ke Partisi lain.


5.Gunakan aplikasi sesuai dengan performa laptop

Jangan gunakan aplikasi yang terlalu membebani laptop.


6.Selalu awasi aplikasi yang sedang berjalan

Lihat pada Task Manager untuk mengawasi aplikasi yang berjalan di latar belakang, banyaknya aplikasi yang berjalan akan mempengaruhi kinerja laptop.

Itulah beberapa penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya, penyebab laptop lemot memiliki banyak faktor, bisa harddisknya, bisa RAM nya, bahkan Processor yang dimiliki oleh laptop tersebut.

Note: Only a member of this blog may post a comment.