-->

Ancaman Serangan Yang Sering Terjadi Di Internet


Hallo sob, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel yang "hmm, boleh lah" tentang apa sajakah ancaman yang sering terjadi di internet, yang pastinya menimbulkan dampak negatif terhadap seseorang yang sedang berselancar di internet atau melakukan aktivitas lainnya dengan menggunakan internet.

Baca Juga : Tips Aman Menggunakan WiFi Publik

Sebelum lanjut ke inti postingan, sebenarnya saya pernah terkena efek negatif tersebut, dulu saya pernah terkena jebakan phising saat menjelajahi sosial media saat itu dan mengalami kehilangan akun game Clash Of Clans saat itu wkwkw so sad :v, cukup sedih rasanya kalo diingat kembali, hehe.

Berikut adalah beberapa Ancaman di Internet yang telah saya rangkum, dan bertujuan agar para pembaca tidak mengalami hal yang sama seperti saya :).

Ancaman Internet
Internet sendiri memiliki arti yakni Interconnection Networking yang sering kita gunakan pada masa kini untuk membuka googling, sosial media, jual beli online, dan banyak lagi.
Namun,tahukah kalian bahwa teknologi internet juga memiliki efek negatif dari pelaku kejahatan internet, yang akan merugikan korban dari serangan tersebut, apalagi bagi pelaku usaha bisnis yang memanfaatkan internet ini.

1.Serangan Phising


Seperti yang pernah saya alami dan telah saya paparkan di paragraf sebelumnya, Phising merupakan buatan dari para penjahat di internet yang bertujuan untuk melakukan pencurian data identitas akun seseorang, serangan ini biasanya berupa web palsu atau web buatan,  email, sms, dan media lainnya.

2.Virus Botnet


Botnet merupakan sebuah software atau bot yang dibuat oleh penyerang, Botnet menciptakan sebuah pasukan khusus pada komputer yang sudah terinfeksi virus (Komputer Zombie) yang dapat dimanfaatkan oleh seseorang penjahat internet untuk melakukan sebuah serangan negatif.

3.DDOS 


Serangan DDOS ini memiliki artian Distributed Denial Of Service yang mempunyai kerja dalam memanfaatkan komputer zombie untuk melakukan serangkaian serangan dalam website server secara bersamaan hingga website tersebut down atau tidak dapat diakses dalam waktu yang cukup lama.

4.Spyware dan Adware


Virus ini memanfaatkan celah dari korban saat tidak sengaja mematikan antivirus atau defender saat mengunduh file dari situs website di internet, cara kerja virus Spyware yakni mengawasi dan mengendalikan kegiatan si korban, serta dapat melakukan pencurian data identitas secara tidak diketahui.
Kemudian Adware adalah virus yang menampilkan iklan bandel dan sangat menyebalkan hingga melakukan spam ke perangkat kalian yang terinfeksi.

5.Trojan Horse


Trojan Horse adalah sebuah metode memasukkan virus kedalam sebuah program atau software crack yang telah dibuat oleh penjahat internet untuk merusak perangkat kalian ataupun merusak file data yang ada didalamnya.

6.Spoofing


Spoofing adalah sebuah metode yang hampir sama seperti Phising, namun metode ini memiliki tujuan yang lebih tinggi yakni agar target lebih percaya dan yakin (Mengelabui) bahwa website yang ia kunjungi atau email yang sedang ia terima merupakan asli dari sumber terpercaya, sehingga korban memberikan informasi pribadi atau informasi penting lainnya.


Itulah beberapa ancaman serangan yang sering terjadi di internet, masih banyak jenis serangan yang tidak dapat saya jelaskan dalam satu postingan ini, mungkin akan saya tulis di artikel selanjutnya, 

Semoga artikel yang saya tulis kali ini dapat berguna serta bermanfaat bagi banyak orang, dan terima kasih telah berkunjung di web RIFNUTECH, tetap berhati-hatilah dalam menggunakan internet dan tetaplah bernafas, hehe 

Note: Only a member of this blog may post a comment.